Tafsir Surat Saba Ayat 6

Allah Berfirman:
ويري الذين اوتوا العلم الذي انزل اليك من ربك هو الحق ويهدي الي صرط العزيز الحميد
Artinya:
Dan orang-orang yang diberi ilmu (ahli Kitab) berpendapat bahwa wahyu yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu Itulah yang benar dan menunjuki (manusia) kepada jalan Tuhan yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.


Tafsir Surat Saba’ Ayat 6
ويرى الذين اتوا العلم (Dan berpendapat orang-orang yang diberi ilmu (ahli Kitab)) yakni telah mengetahui orang-orang yang beriman dari kalangan Ahli Kitab. Ath-thabari menerangkan dalam tafsirnya bahwa yang dimaksud dengan yang diberi ilmu ialah ahlul-kitab (pemeluk agama Yahudi dan Nasrani yang menyatakan Iman langsung masuk ke dalam Islam).

Zamakhsyari dalam tafsirnya menambah lagi, bahwa yang dimaksud dengan orang-orang yang diberi ilmu ialah sahabat2 Rasulullah saw. Dan beliau pun menambahkan kemungkinan juga bagi ummat Muhammad sendiri yang akan datang di belakang hari sesudah Rasulullah wafat.



--- الذي انزل اليك من رّبك هو الحق (bahwa wahyu yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itulah yang benar) sesungguhnya yang diturunkan kepadamu dari tuhanmu, yang mengakui bakal terjadinya hari kiamat, dan bahwa setiap orang yang melakukan sesuatu perbuatan akan diberi balasan sesuai dengan perbuatannya, yang baik atau yang buruk, adalah hak yang tidak bisa diragukan lagi.

--- ويهدي الى صراط العزيزالحميد (dan menunjuki manusia kepada jalan Tuhan yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji). Yakni bahwa kebenaran (Al-Qur’an) itulah yang membimbing siapa saja yang mengikuti dan mengamalkannya kepada jalan Allah yang takkan dapat dikalahkan dan takkan dapat ditolak. Karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan dia dapat mengalahkan. Dan Allah itu Maha Terpuji atas segala perkara maupun perbuatan-perbuatan-Nya, dan apa saja yang telah Dia turunkan, berupa syari’at dan agama.

Artikel Terkait:

comment 0 comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

 


© 2010 Invest Scenery is proudly powered by Blogger