Keterampilan dan Teknik Bertanya dalam Pengajaran

A. Keterampilan Bertanya
Adapun tujuan pertanyaan yang diajukan guru ialah agar siswa belajar, yaitu memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berpikir, baik berupa kalimat tanya atau perintah yang menuntut respon siswa.
Sedangkan pencapaian tujuan bertanya yang ingin dicapai adalah agar dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap pokok bahasan, memusatkan perhatian siswa terhadap pelajaran, mengetahui hambatan-hambatan kegiatan belajar siswa, dan untuk mengembangkan keaktifan siswa dalam belajar.
Ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh guru ketika bertanya kepada siswa, yaitu:
  1. Mengulangi pertanyaan sendiri
  2. Mengulang-ulang pertanyaaan sendiri sebelum siswa dapat berpikir maksimal terhadap pertanyaan guru dapat mengakibatkan siswa tidak dapat untuk berkonsentrasi terhadap pertanyaan tersebut. Oleh sebab itu semestinya guru memberikan jeda waktu untuk siswa agar dapat memahami pertanyaan guru dan berkonsentrasi terhadap jawaban yang akan disampaikannya.
  3. Mengulangi jawaban siswa
  4. Mengulangi jawaban siswa dapat menyebabkan terbuangnya waktu pelajaran. Siswa tidak lagi mendengar jawaban dari temannya yang lain karena mengetahui guru pasti akan mengulanginya.
  5. Menjawab pertanyaan sendiri
  6. Guru menjawab pertanyaan sendiri sebelum memberikan siswa kesempatan yang cukup untuk memikirkan jawabannya akan melahirkan anggapan dari siswa bahwa memikirkan jawaban tersebut tidak perlu karena mereka beranggapan guru pasti akan memikirkan jawabannya.
  7. Pertanyaan yang memancing jawaban serentak
  8. Hal ini selain dapat mengakibatkan kericuhan dan keributan di dalam kelas, juga dapat berakibat guru tidak dapat mengetahui dengan pasti siapa yang benar dan menutut kemungkinan terjadi interaksi selanjutnya.
  9. Mengajukan pertanyaan ganda
  10. Mengajukan pertanyaan ganda, sama dengan mengajukan pertanyaan yang bertubi-tubi. Sebelum siswa dapat menjawab satu pertanyaan, pertanyaan lain diajukan. Hal ini akan mematahkan semangat siswa yang hanya sanggup menyelesaikan satu dari semua tugas itu.
  11. Menentukan siswa tertentu untuk menjawab
  12. Hal ini dapat membuat siswa-siswa lain yang tidak ditanya akan malas memikirkan jawaban. Hal ini juga akan mengakibatkan siswa beranggapan bahwa guru mengidolakan satu siswa saja dan menganak emaskan.
Adapun komponen-komponen dalam keterampilan bertanya ini adalah:
  • Pengungkapan pertanyaan yang singkat dan jelas
  • Pemberian acuan terhadap jawaban yang memancing siswa untuk cepat memikirkan jawaban yang benar
  • Pemindahan giliran atau penyebaran.
  • Pemusatan dan memberikan waktu untuk berfikir
  • Pemberian tuntunan yaitu dengan cara memberikan pertanyaan yang lebih sederhana, mengulangi penjelasan sebelumnya yang berkaitan dengan pertanyaan, dan mengungkapkan sekali lagi pertanyaan dengan cara lain yang lebih sederhana. 
B. Teknik Bertanya
Adapun teknik bertanya disini adalah dengan ucapan yang disampaikan yang bermaksud untuk meminta respon dari siswa dan mengadakan interaksi. Dan jenis-jenisnya adalah:
  1. Pertanyaan ingatan
  2. Teknik pertanyaan ingatan ini adalah teknik untuk membuat siswa mengingat kembali materi pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran tersebut.
  3. Pertanyaan pemahaman
  4. Jenis pertanyaan pemahaman ini merupakan salah satu teknik pengajuan pertanyaan guna untuk membantu siswa agar lebih memahami pelajaran-pelajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pemahaman siswa terhadap pelajaran tersebut
  5. Pertanyaan analisis
  6. Pertanyaan analisis ini adalah teknik dengan cara mengajukan pertanyaan yang menuntut siswa untuk menganalisis dan mengupas jawaban dari pertanyaan tersebut yang terdapat pada pertanyaan itu sendiri.
  7. Pertanyaan sistesis
  8. Pertanyaan sistesis adalah salah satu teknik bertanya yang pada pertanyaan tersebut mengandung unsur jawaban yang terpisah-pisah tetapi tidak lengkap. Dari pertanyaan tersebut siswa dapat menyusun dan menambahkan ide-ide untuk membentuk satu jawaban yang benar.
  9. Pertanyaan evaluasi
  10. Pertanyaan evaluasi adalah salah satu teknik bertanya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan pengetahuan siswa tentang pelajaran-pelajaran yang telah disajikan.

Artikel Terkait:

comment 0 comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

 


© 2010 Invest Scenery is proudly powered by Blogger